Hipnotis dan Hipnoterapi

Orang sering bingung dengan perbedaan antara hypnosis dan hypnotherapy.

     Jadi apa bedanya hypnosis dan hypnotherapy? Secara ringkas, hypnosis adalah suatu metode untuk mengakses alam bawah sadar seseorang. Jadi hypnosis hanyalah cara atau metode atau teknik saja. Sementara itu, hypnotherapy adalah suatu terapi yang dilakukan dengan bantuan metode hypnosis. Jadi orang dibawa kedalam kondisi hipnosa, lantas di dalamnya orang tersebut dilakukan terapi.

Terapinya apa?
    
Tentunya semua terapi dalam hipnosis berangkat dari suatu diagnosis bahwa “penyakit” (dalam tanda kutip), ini disebabkan oleh permasalahan kejiwaan yang berakar di bawah sadar. Jadi proses “penyembuhannya” juga harus dilakukan di level bawah sadar.
     Kenapa kata penyakit diberikan dalam tanda kutip? Karena istilah penyakit dalam kejiwaan tidaklah 100% benar. Kadang yang disebut penyakit itu hanyalah suatu penyimpangan (perbedaan) dengan orang yang dianggap normal. Terkadang yang dianggap penyakit itu juga sebenarnya adalah persoalan belajar yang salah.
     Jadi dengan demikian yang disebut penyembuhan adalah bisa jadi adalah penyesuaian dengan apa yang disebut normal, atau bisa pula penyembuhan berati juga suatu proses re-learning (belajar kembali).

     Nah, jika hendak memilih seorang hypnotherapist, perlulah dipastikan, apakah ia hanya seorang hypnotist atau benar-benar sekaligus juga terapis. Salah satu kondisi yang penting untuk menjadi pertimbangannya adalah, jika misalnya si ahli hipnosis itu memundurkan umur si klien (regression), kemudian terjadi suatu abbreaction, yakni proses teraksesnya memori traumatik di masa lalu (biasanya terjadi secara tidak sengaja). Maka, seorang terapis akan tahu bagaimana cara mengatasi dengan benar kondisi tersebut sehingga tidak menimbulkan dampak yang merugikan. Nah, kalau orang yang hanya belajar hipnosis namun tidak mengetahui seluk beluk terapi, hampir bisa dipastikan hanya akan menambah masalah bagi orang lain. Apa yang akan dilakukannya dengan situasi seperti tadi? 
     Tidak banyak yang bisa diharapkan dari orang seperti itu.
  

penyembuhan berati juga suatu proses re-learning (belajar kembali).

Posting Komentar

...

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.