Sepotong Sore di Bellae

     Matahari baru saja sedikit condong ke barat. Panasnya masih begitu menyengat menembus topi sampai ke ubun-ubun. Namun suasana lebaran 2013 bersama keluarga yang tersebar di Bellae dan sekitarnya terasa jauh lebih hangat dibanding sengatan matahari siang itu. Keluarga yang secara turun temurun, menghuni kampung Bellae yang eksotis, dikelilingi tower-tower karst yang kokoh. Bellae, secara administratif terletak di kecamatan Minasa Te'ne Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan.
     Siang itu, saya bermaksud mengunjungi salah satu situs arkeology yang ada di Bellae, situs 'Leang Camming Kanang'. Menarik mengunjungi situs ini, karena terletak di bukit sebelah timur Bellae yang berhadapan dengan jajaran bukit-bukit karst yang memanjang di sepanjang sisi Utara Bellae. Rupanya, sebahagian terbesar situs uang ada di Bellae itu, terletak di sisi Utara ini.
Lukisan telapak tangan yang terdapat di langit-langit Leang Camming Kanang.
Sarana tangga kayu yang terletak di dasar bukit, sebagai entry point yang membantu pengunjung untuk menjelajah ke setiap sudut gua.
       Bertani menjadi mata pencaharian pokok penduduk Bellae. Hamparan sawah di kaki tower-tower karst, menyajikan pemandangan yang begitu indah. Sungguh menjadi suatu suguhan yang mengenyangkan mata, menyaksikan komposisi pahatan alami yang menawan.
 hamparan padi yang menguning begitu menyejukkan kaki bukit dan tower karst yang mengelilingi Bellae.
 beberapa sisa batu kapur yang lebih resisten, tertinggal menghiasi hamparan sawah yang datar.
 kegiatan setelah panen (gambar diambil saat panen setahun yang lalu).
bernasnya padi Bellae.
      Tanaman keras yang cukup menonjol dalam sekilas pandangan mata adalah kelapa dan lontar. Dua jenis palma itu memberi aksen tersendiri di tengah lukisan alam yang mewarnai Bellae.
 
 bercengkerama di teras rumah panggung, dalam hangatnya silaturahmi dengan masyarakat Bellae menjadi semakin asyik oleh indahnya hamparan pahatan alam Bellae.
 hamparan sawah yang menguning di Bellae. View dari mulut gua Leang Camming Kanang
     Dan jalan-jalan siang hingga sore itu betul-betul membuat mata kenyang menikmati keindahan alam Bellae. Beberapa situs lainnya, yang tersebar banyak di sisi Utara Bellae, sudah menunggu kesempatan lain untuk dikunjungi. View dari sudut yang lainnya, pastinya menjanjikan sajian keindahan yang lebih menawan.

note: untuk melihat gambar-gambar dalam ukuran besar, pointer mouse ke atas gambar yang ada lalu klik.

kampung Bellae yang eksotis, dikelilingi tower-tower karst yang kokoh.

Posting Komentar

...

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.