Perigee the Supermoon

      Tiba-tiba saja istilah supermoon menjadi populer beberapa hari belakangan ini. Istilah pupeler dalam ilmu ramalan bintang (astrology) yang merujuk pada situasi dimana bulan (moon) menampakkan wujud lebih besar tujuh persen dari kenampakan biasanya. Selisih besar yang tidak terasa, apalagi untuk mereka yang jarang menikmati indahnya bulan. Namun bukan hanya perbedaan ukuran kenampakannya saja, di dalam ramalan para astrolog dipercayai bahwa fenomena supermoon sebagai simbolisasi buruk, pemicu berbagai kejahatan dan bencana.
     Di dalam dunia astronomy sendiri, kondisi dimana bulan berada pada posisi terdekat terhadap bumi disebut "perigee". Sebaliknya untuk posisi sebaliknya (terjauh) disebut "apogee". Karena posisi lebih dekat terhadap bumi dibanding jarak rata-ratanya sehingga bulan terlihat lebih besar dari biasanya. Untuk 20 Maret 2011 ini, perigee sejarak 356.577 km, lebih dekat 30 ribu km dari jarak rata-rata 382.900 km.
    
     Jarak terdekat bumi (147,5 juta km) terhadap matahari (Perihelion) sebagai puncak musim hujan untuk daerah tropis. Sebaliknya, Aphelion (152,6 juta km) di bulan July adalah kemarau.
     Pengaruh langsung akibat posisi bulan yang begitu dekat adalah meningkatnya gelombang pasang yang diakibatkan oleh gaya tarik bulan. Tentu saja, gelombang pasang ini akan berpengaruh pada aktifitas nelayan. Selain itu, dalam skala yang sangat kecil terjadi peningkatan terhadap aktifitas seismik dan vulkanisme (aktifitas gunung berapi).
     Namun secara keseluruhan, tidak ada yang istimewa pada fenomena supermoon, selain kenampakan bulan yang lebih besar dari biasanya. Untuk yang romantis, bisa dijadikan saat yang spesifik untuk merajut lebih panjang moment-moment indah nan langka.
Gambar yang dipublikasikan oleh NASA pada 2004, perbandingan kenampakan bulan pada saat apogee dan perigee.

bulan berada pada posisi terdekat terhadap bumi disebut "perigee". Sebaliknya untuk posisi sebaliknya (terjauh) disebut "apogee"

Label: ,

Posting Komentar

...

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.