Penjajakan Pertama Korpala di Bulusaraung

     Tidak terlalu jelas di dalam ingatan saya, berapa jumlah anggota Korpala maupun simpatisan yang bersama-sama menjejakkan kaki di puncak Bulusaraung waktu itu. Begitu ramai rasanya, apalagi untuk mencapai Desa Tompo' Bulu' di kaki Bulusaraung, harus ditempuh dengan berjalan kaki seharian penuh.
     Rombongan hanya bisa diantar oleh bus milik Unhas sampai di Balocci. Beruntung karena cuaca di bulan September tahun 1985 itu begitu baik dan cerah, sehingga acara bermalam di Balocci berlangsung lancar. Pagi harinya rombongan baru bergerak menuju Tompo' Bulu' dalam kelompok-kelompok kecil yang dibentuk. Menjelang sore, barulah rombongan saya yang anggotanya sekitar 15 orang, sampai di Tompo' Bulu'. Kelompok ini juga yang kemudian tetap bersama-sama bahu-membahu menuju puncak, keesokan paginya.
di bagian depan ada Bahtiar Baso, Bob, Buyung, Kenanga dan Naya. 
di belakanga ada Hero, Afras, Ahmad Negarawan, Hukman, Magdalena dan Sulaeman Qamar. Beberapa lainnya tidak sempat melekat 'nama'nya di memoriku.. maafkan saya brader..

     Mencapai puncak Bulusaraung dari Desa Tompo' Bulu' terasa lebih singkat. Hanya sekitar 2 jam, hampir seluruh peserta sudah mencapai puncak. Jauh terasa lebih melelahkan ketika sepanjang hari kemarin melintasi setapak di kaki bukit dari Balocci ke Tompo' Bulu'.
 beberapa teman dari FK dan FKG turut serta di dalam kelompok saya. Sayang sekali nama-nama mereka tidak cukup lekat di dalam ingatan. Bila ada yang bisa membantu, dengan senang hati saya menunggu koreksinya di halaman komentar di bawah.

      Masih banyak juga teman-teman yang lain yang tidak sempat ter 'cover' dalam cakupan kamera. Katakan misalnya ada Iwan Sumantri ataupun As'adi Abdullah.. karena rombongan dibagi-bagi ke dalam kelompok-kelompok kecil itulah, sementara jumlah kamera jadul tidak memadai untuk meliput seluruhnya. Meskipun demikian, tanggapan dan co'do'-co'do' kalian tetap saya nantikan dengan senang hati.. :)
      Butuh waktu 2 malam dan 3 hari untuk kembali pulang ke rumah. Kondisi yang tentu saja sudah sangat jauh berbeda dibandingkan sekarang. Saat ini, sarana jalan permanen sudah menjangkau hingga ke kaki gunung, memungkinkan menjangkau puncak Bulusaraung tanpa harus bermalam di lapangan.
     So, adakah yang mau reuni, napak tilas jalur di saat-saat pertama Korpala memancangkan kaki yang kemudian berdiri kokoh hingga saat ini?

Korpala maupun simpatisan yang bersama-sama menjejakkan kaki di puncak Bulusaraung waktu itu.

Posting Komentar

  1. ‎@Hero: ada bbrp anak FKG-FK yg sy liat di foto: Nasman FKG'81, Andang Ilato FK'82, Bahtiar Baso FK'83, Hukman FK'83....

    BalasHapus
  2. mantap bang Hero...
    Salut dgn arsip foto2nya,barang yg sangat berharga...:)

    BalasHapus

...

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.