Istri Idaman

tersebutlah kisah ketika Sulaiman a.s belum mendapatkan seorang pun 'istri' yang sangat diidamkannya diantara seribu istri-istrinya. Ia terus mencari dan mencari hingga akhir hayatnya dan ternyata ia tidak menemukannya.

adalah seorang bijak yang memperkirakan bahwa istri idaman yang dicari oleh Sulaeman mungkin yang seperti Khadijah. namun mungkinkah Sulaeman mendapatkan Khadijah seandainya Khadijah hidup di zaman Sulaeman?

tidak mudah untuk menjawabnya, tetapi ada hal yang begitu penting untuk dimengerti bahwa untuk mendapatkan Khadijah, seseorang terlebih dahulu harus menjadi Muhammad. dan Sulaeman bukanlah Muhammad.

dan Sulaeman bukanlah Muhammad, itulah yang sering dikatakan sebagai takdir. menemukan pasangan idaman mungkin sesuatu yang sulit, namun juga mungkin sebagai sesuatu yang mudah. sederhananya adalah dari titik mana kita berangkat.

di dalam kitab suci jelas dituliskan, pasangan untuk lelaki yang baik adalah perempuan yang baik, demikian pula sebaliknya. ada penegasan untuk suatu kesetaraan mutu. mutu yang saling berpasangan itu adalah seimbang.

meskipun ketika Sulaeman masih hidup dan ada Khadijah hadir di sekitarnya, Sulaeman pun tidak akan mendapatkannya. kualitas yang akan mendapatkan Khadijah adalah kualitas Muhammad. sehingga "untuk mendapatkan Khadijah, orang terlebih dahulu harus menjadi Muhammad".

yang kemudian sangat di sayangkan, ketika kita berharap menemukan pasangan yang seperti di dalam angan-angan kita, tetapi kita lupa menakar seberapa jauh kualitas kita untuk setara dengan yang kita idamkan itu? menggapai bintang di langit tidak bisa dilakukan bila kita hanya berpijak di bumi. kita harus terbang tinggi ke langit. terbang tinggi ke langit berarti meningkatkan "mutu" kepribadian kita.

bila Khadijah yang kuidamkan, sudahkah saya menjadi Muhammad?

meskipun ketika Sulaeman masih hidup dan ada Khadijah hadir di sekitarnya, Sulaeman pun tidak akan mendapatkannya.

Label:

Posting Komentar

...

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.