Apa Itu Option

     Option adalah kontrak resmi yang memberikan hak (tanpa kewajiban) untuk membeli atau menjual suatu asset pada harga perjanjian, dalam jangka waktu tertentu.
     Definisinya bisa disederhanakan seperti contoh berikut ini. Anda mempunyai teman sebut saja Pak A yang mempunyai rumah seluas 100 m2 yang berniat untuk menjualnya dengan harga 100 juta. Dalam hal ini Anda mengontak pak A tersebut dan menawarkan opsi dengan memberikan sejumlah DP atau uang muka sebesar 10 juta ke Pak A untuk satu tahun ke depan, bahwa dengan DP tersebut pak A hanya boleh menjual rumah tersebut ke Anda dalam jangka waktu satu tahun dengan harga 100 juta tersebut.
     Nah apabila dalam satu tahun tersebut atau kurang dari waktu satu tahun tersebut Harga pasaran rumah di wilayah tersebut naik menjadi 150 juta. Anda bisa mencarikan pembeli lainnya entah pak B, pak C ataupun pak X yang mau membeli rumah tersebut dengan sedikit di bawah harga pasar agar cepat laku, di harga 140 juta dan kita dapat membeli dari Pak A tersebut dengan harga kesepakatan diawal yaitu sebesar 100 juta. Sehingga semuanya sama-sama untung (win-win solution).
     Apakah Pak A untung ?
Tentu untung, sudah tanahnya laku 100 juta, dapat uang DP pula 10 juta.
Apakah Anda untung ?
Jelas dong… modal Anda kan 10 juta, selisih harga jual 40 juta (140 juta – 100 juta). 40 juta dikurangi modal Anda yang 10 juta masih ada profit 30 juta yang berarti ROI Anda = 30juta/10 juta x 100 % = 300 %.
     Apakah Pak B untung selaku pembeli tanah ?
Iya, karena dia bisa beli tanah tersebut di harga 140 juta di bawah harga pasar yang 150 juta. Jadi dia sudah untung 10 juta di awal.

     Saya kira dengan contoh sederhana di atas, kita bisa mengerti bagaimana option tersebut. Tetapi, apa option ini untuk jualan tanah, atau property.? Mungkin ya, mungkin tidak. Namun untuk sekarang, saya akan fokus pada aplikasi option dalam trading saham. Ya, saham.
     Sebagai investor, jelas tidak sedikit modal yang dibutuhkan untuk bisa turut berpartisipasi sehingga bisa ikut menikmati bagaimana kelimpahan penghasilan dalam jenis investasi tersebut. Nah untuk yang modalnya kecil, namun juga ingin menikmati keuntungan seperti mereka para investor saham, maka option bisa menjadi jalan keluarnya.
     Hampir semua saham yang beredar di dunia ini, mulai dari mastercard, ibm, visa, microsoft, aple dan lain sebagainya, tersedia untuk bisa diperdagangkan dengan sitim option tersebut. Tinggal Anda memilih, sesuai analisa pasar, analisa fundamental dan teknikal, seperti dalam menganalisa saham, lalu Anda putuskan yang mana yang hendak Anda perdagangkan.
     Untuk lengkapnya, Anda bisa lihat di link berikut ini.

Option adalah kontrak resmi yang memberikan hak (tanpa kewajiban) untuk membeli atau menjual suatu asset pada harga perjanjian, dalam jangka waktu tertentu.

Posting Komentar

...

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.