Lembanna Jadul, Lembanna Kini

    Sepertinya gambaran yang ada ini tidak bisa secara umum layak dikatakan mewakili kondisi Lembanna yang sebenarnya. Sisi subyektif yang terlalu kental tentu saja tidak pas untuk bisa dijadikan sebagai tolak ukur menggeneralisir apa yang terasa. Nah penggalan gambar-gambar berikut hanya untuk sebagai pembanding kenampakan itu.
     Akhir dekade 80-an, mengunjungi Lembanna selalu menjadi pilihan, entah dilakukan secara sadar ataupun tidak. Menemui 'keluarga' yang bermukim di sana, selalu memberikan rasa hangat di dalam relasi yang tercipta. Bahkan kehangatan yang didapatkan mungkin saja jauh lebih terasa dibanding mengunjungi keluarga yang sesungguhnya di kampung masing-masing.
     Aura mistik tentu saja begitu kental terasa. Berada di perkampungan tanpa listrik, tanpa sarana memadai untuk ukuran kehidupan orang kota, bahkan tanpa sarana mck. Namun disitulah daya tariknya. Apalagi hangatnya obrolan tentang kearifan-kearifan yang dianut masyarakatnya, yang kadang dilakukan sambil berselimut sarung di depan dapur.
     Di depan dapur tentu saja selalu memberi pancaran hangat. Dari situlah bara dari kayu yang terbakar itu memancar. Air yang telah dijerang lalu berubah menjadi kopi yang hangat. Yang selanjutnya bara itu mematangkan kentang, atau panganan lainnya.
 
Desember 1990 dalam cuaca yang cukup dingin dengan kabut tipis yang hampir setiap saat menyelimuti Lembanna. Tampak depan rumah Daeng Supu' yang selalu menjadi 'markas' untuk setiap kegiatan Korpala di sekitar Gunung Bawakaraeng.

     Denyut kehidupan berjalan lambat. Tidak ada 'deadline' atau tenggat yang begitu mencekam. Semua berputar bersama kondisi alam, apa adanya. Air kebutuhan sehari-hari yang sampai ke rumah, yang mengalir dari gunung, mengalir dengan tenang hingga ke pancuran bambu. Hanya kadang menjadi keruh ketika hujan turun. Karena tidak ada listrik, praktis tidak ada petugas PLN yang menjadi momok untuk suatu kewajiban rutin.
     Bahu membahu, pengunjung dan keluarga di Lembanna menyiapkan kelangsungan hidup. Sebelum menuju Lembanna, dari kota kita akan berfikir untuk melengkapi kebutuhan yang urgen di sana. Mulai dari mencari 'sumbu lampu' untuk pelita, sampai mengusahakan obat-obatan praktis untuk membantu kesehatan 'keluarga' yang sebentar lagi akan ditemui. Tidak jarang ikut menyediakan perlengkapan mengolah kebun, pupuk bahkan nanti turut serta di dalam proses pengolahan lahan yang ada.

Di bagian dalam rumah dengan kondisi yang begitu sederhana. Kelambu tempat tidur yang merangkap sebagai dinding sekat tempat menerima tamu. Di dalam gambar ada bapak Kahar Idu PR-3 Unhas dan Nyonya, untuk kunjungan resmi sehubungan dengan kegiatan Penghijauan Kaki Gunung Bawakaraeng yang dimotori oleh Korpala.

     Lalu sampailah di hari-hari sekarang, ketika kita berkunjung ke Lembanna, tetapi kita tidak mengunjungi keluarga lagi. Hanya merupakan suatu kewajiban saja sehingga kita masih mampir ke sana. Itupun selalu membawa pulang ungkapan kesal, sambil bersungut-sungut mencibir kondisi masyarakat yang sudah tidak seperti yang diharapkan. 
     Harapan yang rasanya kurang rasional. Mengharap mendapat perlakuan seperti yang telah kita alami di era 80-an itu, namun tidak melakukan seperti apa yang pengunjung lakukan di masa itu. Padahal kita masih bisa dan sangat layak bila mengunjungi keluarga dengan sikap dan rasa seperti kerabat hendak bertemu keluarga, di dalam silaturahmi penuh cinta.
     Beberapa hal yang terlewati untuk kita cermati adalah, di hari-hari ini sudah begitu banyak kewajiban yang ditanggung oleh masyarakat Lembanna, yang tentu saja mempunyai deadline. Katakan saja kewajiban membayar rekening listrik, juga kewajiban pembiayaan untuk perawatan saluran air ke rumah-rumah. Belum lagi kebutuhan untuk ber-'halo-halo'. Sesuatu yang tidak ada di waktu dulu. Belum lagi perkembangan kehidupan sekarang mengharuskan mereka untuk menggunakan 'liquid cash' dengan segera. 
     Untuk memasak nasi dan lauk, sudah menggunakan gas dan listrik, bukan kayu bakar yang dikumpul dari hutan seperti dulu. Lalu ada televisi yang mengantarkan kemajuan dan pola hidup, tentu saja dengan sikap hidup materialistis di dalam tayangannya.
 beginilah tampak depan rumah Mama' (Januari 2012). Di bahagian dalam dengan dapur yang bagus, mck yang sangat baik. Tidak ada lagi teriakan histeris ketika pintu belakang terbuka lalu udara dingin menyeruak mengusik kehangatan, ketika seseorang hendak melakukan 'sesuatu' di pancuran belakang. Di ruang tamu tentu saja sudah dilengkapi dengan sofa-sofa yang empuk dengan alas karpet di bawah sehingga kaki tidak perlu menjadi dingin. 
Masih di area dapur, tetap ada perapian dan 'sedikit' tumpukan kayu bakar, bila ada yang rindu untuk sekadar 'bakar-bakar' atau 'hangat-hangat' di depan tungku.

     Lalu, masih adakah kerabat yang akan mengunjungi 'keluarga' di Lembanna, untuk berbagi rasa di dalam hangatnya silaturahmi.?

mengunjungi Lembanna selalu menjadi pilihan, entah dilakukan secara sadar ataupun tidak. Menemui 'keluarga' yang bermukim di sana, selalu memberikan rasa hangat di dalam relasi yang tercipta.

Posting Komentar

  1. Hem memang rumah-rumah di lembanna mayoritas sudah modern dan mama Minah sudah seperti rumah juragan kentang :)

    Hilda

    BalasHapus
  2. Wah kapan yah... bisa kesana lagi

    yusran

    BalasHapus
  3. jadi kangen ke Lembanna....Bang Hero..ada gak fotoku..heheheh...

    BalasHapus
  4. ada ji brader.. hehehe.. nanti gilirannya.. :)

    BalasHapus
  5. kangen ka juga mau ke sana... kapan ya bs terwujuud???

    BalasHapus
  6. planning mi.. akhir tahun ini.. :)

    BalasHapus
  7. Bastiang ParukiRabu, 17 Juli, 2013

    semoga suatu saat saya bisa kesana lagi ... perubahan pastilah selalu ada tinggal kita bijak menyikapi.

    BalasHapus

...

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.