'kulap satu' ku

     Salah satu kegiatan belajar di Jurusan Geology Unhas di sekitar tahun 80-an adalah Kuliah Lapangan-1. Waktu kegiatannya hampir dua minggu, sebagai pengantar untuk nanti kuliah lapangan yang lebih heboh dengan durasi satu bulan yaitu kuliah lapangan kedua.
     Untuk kegiatan kuliah lapangan pertamaku di tahun 1984 itu, meninggalkan bekas yang begitu banyak, tentu saja denagn berbagai rasa yang fantastis. Mulai dari berkenalan pertama kali bagaimana bekerja menerapkan teori-teori yang selama beberapa semester awal sudah menguras konsentrasi dan emosi di laboratorium, hingga eksplorasi naluri 'kalasi' yang begitu spektakuler.
     Siang hari ke lapangan mengumpulkan data dan sampel sesuai peruntukan dan petunjuk para asisten dosen yang mendampingi, malam harinya berkutat dengan semua data yang sudah dikumpulkan seharian tadi untuk ditransfer ke atas kertas-kertas kerja. Namanya juga kuliah lapangan. Yang rasanya tidak terlalu nyaman hanyalah penggunaan sarana meja bangku milik Sekolah Dasar setempat yang dipinjam untuk keperluan kegiatan kuliah malam hari. Ukuran yang mini karena tentu saja disesuaikan dengan ukuran tubuh anak-anak sekolah dasar, menjadi tidak seimbang dengan gelaran kertas gambar dan peta-peta yang lebar.
Orientasi medan hari pertama, diantar langsung oleh koordinator lapangan waktu itu, Bapak Chaeruddin Rasyid. Pengalaman pertama saya jalan dengan seorang geologist yang mempunyai kepekaan lapangan sangat tinggi. Bercanda sepanjang jalan, mulai dari banyolan paling konyol hingga banyolan porno, tidak ada yang tersisa.. semuanya lengkap namun tidak mengurangi sedikitpun kepekaan beliau sebagai geologist.
 catat ini itu selama di lapangan, lalu sore hari terkapar di teras balai desa.
 suasana kerja tugas malam hari setelah kuliah. perlu dua meja digabungkan untuk menampung perlengkapan kerja yang diperlukan. Rapidograph, sablon huruf, mistar segitiga, busur dan lain-lain.. tidak ketinggalan larutan hitam manis di gelas..
 ada Nasrullah, alm.Muis, Elias Kondolele dan Kado Arjuna.
 ada Ahmad Negarawan, NunukSriwijayati dan aisten Imran Musa.
 rutinitas harian ke lapangan, dengan Wawan, Muniati dan Darwin Tangkelalo
 belok sedikit dari lintasan, tersangkut di teras rumah penduduk, menikmati sekerat dua kerat gula merah.
 ada juga Zaenab, lalu asisten favorit Baso Junain, Hance Tatang, Rafiuddin, Jalaluddin, Muniati bersama Nunuk mengerubuti juragan pisang.
 bila tugas belum selesai di ruangan kelas, maka tugas ikut menemani sampai ke tempat menginap. Jadi bila sudah tidak tahan ngantuknya, bisa langsung melambai..
 dengan Ibu Maryam, ibu kost kita selama di Mallawa. Rindu kepada beliau, semoga masih sehat selalu.
 sore hari setelah dari lapangan, bersantai sejanak menunggu magrib. Tentu saja setelah bersih-bersih dan rapi, ditemani cairan hitam manis lagi. Bercengkerama bersama asisten, salah satunya Muh.Nur dan tentu saja korkulap, bapak Chaeruddin.
 malam terakhir di lokasi kuliah lapangan, selalu dengan acara panggung hiburan dadakan. Panggung sebagai ajang silaturahmi dengan warga setempat, sekaligus sebaagi tempat menyampaikan rasa terimakasih untuk semua penerimaan terhadap kami selama beberapa hari ini, sekaligus maaf dan memohon kesempatan untuk bisa kembali lagi di tahun-tahun mendatang.

 dua gambar ini adalah acara penutupan kulap di tahun 1985. Ada bapak Budi Rohmanto, bapak alm Chaeruddin Rasyid. Gambar bawah, ada anaknya Pak Udin, Indra. Teman-teman lainnya, Nurhamdan, Simon Sampesongga, Jalaluddin, Bustan, Abd. Madjid dan tentu saja saya sendiri Hero Fitrianto.

kegiatan belajar di Jurusan Geology Unhas di sekitar tahun 80-an adalah Kuliah Lapangan-1. Waktu kegiatannya hampir dua minggu, sebagai pengantar untuk nanti kuliah lapangan yang lebih heboh dengan durasi satu bulan yaitu kuliah lapangan kedua.

Posting Komentar

...

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.